Bisnis & Dimensi Waktu

‘Bisnis tak hanya tentukan realitas saat ini, melainkan juga menentukan kondisi masa depan’, inilah premise dasar yang dieksplorasi pada artikel kali ini.

Beberapa bahan refleksi seperti pola inkonsistensi antara rencana bisnis dan pengelolaan lingkungan telah berakibat fatal, hilangnya warisan kekayaan alam bagi generasi berikutnya serta pengembangan property yang kurang terencana sehingga berdampak pada penurunan ketinggian daratan merupakan contoh bahwa keputusan bisnis saat ini akan memberikan pengaruh pada kehidupan di waktu mendatang.

Oleh karenanya, sebagian kalangan meyakini bahwa bisnis memiliki dimensi waktu yang signifikan. Kealpaan dalam memperhitungkan dimensi ini akan berdampak negatif pada kehidupan masa depan.

Dalam perkembangan manajemen, ada beberapa konsep yang diinisiasi dari pemahaman tersebut. Satu di antaranya adalah konsep people, planet dan profit (dikenal dengan 3P).

Meski dikenal sebagai konsep manajemen yang mengusung keberlangsungan bisnis dalam jangka panjang, namun bagi sebagian kalangan paradigma yang diusung 3P mengingatkan kita kembali akan dimensi waktu dari sebuah keputusan bisnis.

Apa pun keputusannya, bisnis akan berdampak pada kinerja saat ini dan masa depan. Sehingga bila kompleksitas pemahaman diperluas dengan memandang bahwa keputusan saat ini tak dapat dilepaskan dari serangkaian keputusan di masa lalu, maka dapat disimpulkan bahwa bisnis dan dimensi waktu merupakan hal yang tak dapat dipisahkan.

Begitu kompleksnya relasi antara bisnis dan waktu, maka satu hal yang perlu dicermati kini adalah bagaimana menjadikan bisnis sebagai penentu kehidupan yang lebih baik di masa depan. Pertanyaan tersebut sekaligus menepis kekuatan orientasi bisnis sebatas aktivitas jangka pendek semata.

Banyak kalangan mengkaitkan keputusan bisnis dengan kekinian atau masa depan melalui pernyataan misi organisasi. Misi yang jelas menunjukkan ketegasan serta komitmen organisasi untuk mempertajam arti eksistensinya di suatu wilayah.

Tak hanya itu, pernyataan misi juga menggambarkan cara pandang perusahaan pada masa depannya. Semakin jelas misinya, makin jelas pula cara perusahaan memandang kehidupan di masa depan.

Satu semangat yang kini banyak dikembangkan adalah komitmen organisasi bisnis dalam menciptakan harmonisasi antara keputusan saat ini dengan keseimbangan ekosistem di waktu mendatang.

Pemahaman bahwa meski dalam kerangka eksploitasi kekayaan alam, bisnis juga memiliki tanggung jawab untuk mewariskan kekayaan tersebut kepada generasi-generasi berikutnya merupakan hal yang perlu dicermati.

Melalui cara pandang keadilan bagi generasi di masa depan, bisnis seharusnya dapat mempertahankan peluang bagi generasi ke depan untuk turut menikmati kekayaan yang ada. Untuk itulah proses inovasi kini lebih difokuskan pada upaya meminimalisir kerusakan alam demi keseimbangan ekosistem di masa depan.

Paradigma bisnis dan dimensi waktu dalam realitasnya tak semudah yang dibayangkan. Cara pandang keuntungan sesaat serta tuntutan ekonomi pada realitasnya sering mengaburkan paradigma tersebut.

Pelaku usaha masih sering ‘tergoda’ untuk melakukan praktik-praktik bisnis dengan melupakan orientasi jangka panjang dari keputusannya. Untuk itu diperlukan peran serta aktif dari segenap stakeholder dalam merealisasikan konsep ini.

Masing-masing pihak seyogyanya dapat mengambil posisi sebagai pengawas bagi setiap keputusan yang dibuat perusahaan. Vonis sosial dan pasar (baca; penolakan produk) hendaknya dipahami sebagai pembelajaran bagi keputusan bisnis yang lebih bijak di masa mendatang.

Melalui pola tersebut, pasar dan investor akan lebih selektif dalam memilih perusahaan mana yang layak dipertahkan eksistensinya dalam jangka panjang. Selanjutnya, seleksi alam pulalah yang akan menyisakan kelompok-kelompok perusahaan yang benar-benar berkomitmen pada peningkatan kualitas kehidupan manusia di masa depan. Selamat berefleksi, sukses senantiasa menyertai Anda!

*Tulisan ini dimuat di harian Kontan 

Aries Heru PAries Heru Prasetyo. Ketua Program Sarjana PPM School of Management
AHP@ppm-manajemen.ac.id

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s