Fit and Proper Test

fit proper testDalam lima tahun terakhir selepas mengikuti Program Sertifikasi Assessor  PPM Assessment Center,  saya punya tugas khusus yang cukup bergengsi, menjadi assessor calon direksi, baik perusahaan swasta hingga Direksi  BUMN/BUMD.

Berdasarkan pengalaman saya, menjadi direksi itu ditentukan oleh dua hal, pertama adalah dipilih lantaran kompetensi  dan alasan kedua adalah karena garis tangan!

Tentu, urusan garis tangan bukanlah urusan kita. Biarkan Yang Maha Memiliki  Hak Mutlak lah yang menetapkannya, kita hanya menjalankan saja. Fokus kita adalah kompetensi, karena inilah yang bisa dikendalikan dengan proses belajar, berlatih, dan menjalani beragam ujian.

Sudah menjadi kesepakatan para filsuf, para pakar dan ‘orang pandai’, bahwa dalam kompetensi sedikit sekali kontribusi bakat disana. Kompetensi adalah pengetahuan, keterampilan dan sikap. Ini artinya kompetensi dapat dipelajari. Sungguh  kompetensi akan terlihat pada tampilan seseorang yang hanya dapat dibentuk  jika senantiasa diasah dan ditempa oleh pengalaman.

Ini juga mengartikan bahwa  seorang direktur yang mumpuni, pastilah tidak akan terbentuk secara instant. Mereka lahir dari proses panjang nan melelahkan dan merupakan penggabungan dari pengetahuan, keterampilan, dan sikap. Ini artinya semua orang pada dasarnya  punya kesempatan untuk menjadi pemimpin. Selama mereka memiliki kemauan, minat, semangat serta antusias.

Dahlan Iskan, Meneg BUMN dalam salah satu kesempatan  mengatakan pemimpin memerlukan dua hal, kejujuran dan jiwa yang antusias. Kejujuran adalah dasarnya, sedangkan antusias lah yang akan menentukan keberhasilan, karena untuk sukses harus melewati berbagai tantangan berat yang sering kali membuat ciut sang nyali kemudian layu bila tidak jiwa yang antusias.

Fit and Proper Test adalah rangkaian proses yang berupaya memastikan calon pemimpin memiliki kompetensi yang dipersyaratkan. Itu sebabnya, rangkaian tes haruslah menggambarkan simulasi uji kompetensi yang paling mendekati situasi di lapangan.

Untuk melengkapinya sebaiknya juga ada tes potensi selain tes kompetensi. Tes potensi dimaksudkan untuk melihat karakter atau bakat apa yang terdapat dalam diri seseorang, sementara tes kompetensi menggambarkan apa yang sudah ada dalam diri mereka dan mucul sebagai perilaku.

Dari sisi metode pengukuran, yang terbaik adalah bila dilakukan dengan kombinasi beberapa alat ukur (multi-methods). Harapannya, kelemahan masing-masing alat tes dapat ditutupi oleh alat tes yang lain, dengan begitu assessor akan punya beberapa hasil yang dapat diperiksa silang.

Asessor juga harus terdiri dari beberapa orang (multi-assessors) agar faktor subjektivitas dapat ditekan sekecil mungkin. Materi tes yang digunakan juga sebaiknya disesuaikan dengan perusahaan (customized). Sebagai payungnya, penyelenggara tes tentunya haruslah memiliki  kredibilitas yang tinggi.

Tiga rumpun kompetensi yang paling sering menjadi persyaratan calon direksi adalah strategic thinking, managing shange (s), dan leadership yang jika digabungkan akan menjadi “Strategic Change Leader.” Sangat beralasan menjadikan ketiga kompetensi ini sebagai syarat utama.

Seorang direktur haruslah berada di garda depan memimpin kemajuan dan kejayaan perusahaan. Kemajuan hanya bisa tercapai apabila  terjadi perubahan. Direktur haruslah fokus pada perubahan yang sifatnya stratejik karena demikian  banyak hal yang harus diubah di tengah keterbatasan  sumberdaya.

Menjadikan perubahan stratejik sebagai pusat perhatian seorang pemimpin adalah langkah cerdas yang sangat penting dan menentukan. Perubahan stratejiklah yang akan membawa perusahaan mampu melompat jauh melewati pesaing dan menjawab tuntutan stakeholder.

CEO yang baik dan sukses adalah pemimpin yang  memiliki visi perubahan yang sangat kuat serta dilakoninya dengan sungguh, fokus, konsisten, akurat, dan pantang menyerah.

Melewati Fit and Proper Test adalah salah satu jembatan menuju kursi pimpinan tertinggi. Mempersiapkan diri adalah cara terbaik untuk meraih kesempatan menjadi pemimpin. Namun bukan persiapan yang  instant, karena menjadi strategic change leader membutuhkan  waktu dan proses. “Selamat  belajar, berlatih, dan bersiap lah untuk diuji!”

*Tulisan ini dimuat di Majalah BUMN Track No.66 Th.VII Januari 2013. h.134

Andi Ilham SaidIr. Andi Ilham Said, Ph.D. Direktur Utama PPM Manajemen
ais@ppm-manajemen.ac.id

One thought on “Fit and Proper Test

  1. Pingback: Pilkada Batola; Fauzi Iberahim Lamar Cabub ke PDIP | Suara Banua

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s