Leadership is About Walk The Talk

walk the talk di manajemenppm wordpress comDalam buku Leading with NLP (Neuro Linguistic Programming) yang ditulis apik oleh Joseph O’Connor di tahun 1998 dibahas sekilas tentang leadership dan leading.

Sebuah riset dilakukan berkaitan dengan keduanya dan hasilnya dipaparkan dengan sangat menarik. Intinya adalah mengetahui apa yang tergambar dalam benak masyarakat–yang diwakili oleh para responden riset–pada saat sang peneliti mengucapkan kata leadership dan leading.

Saat sang peneliti menanyakan hal tersebut berkaitan dengan kata leadership, 70% responden menyatakan bahwa mereka melihat sebuah gambar/foto berwarna dari seorang tokoh ternama berikut dengan alasannya. Jarak antara gambar/foto tersebut dengan dirinya cukup dekat, sekitar sejangkauan lengan.  Responden tersebut mengatakan bahwa ia sedang menatap gambar/foto tersebut.

Riset serupa dilakukan untuk kata leading.  Sebanyak 70% responden mengatakan bahwa kata tersebut berasosiasi pada sesuatu yang bergerak, entah sebuah pertandingan atau sekelompok orang berbaris yang dipimpin oleh seseorang.  Sungguh sebuah hasil yang menarik.

Mari kita bahas hasil riset tersebut.  Dari sudut pandang bahasa, kata leadership tergolong kata benda (noun) sedangkan kata leading merupakan kata sifat (adjective).  Tak heran jika lebih dari separuh responden riset–secara sadar ataupun tidak–akan mengasosiasikan kata leadership dengan gambar/foto yang notabene tergolong benda.

Kata leading yang tergolong kata sifat banyak dikaitkan dengan siapa yang melakukan, karena pada yang melakukan-lah sifat tersebut melekat.  Sungguh sebuah hal yang wajar juga jika kata leading membawa sebagian besar responden berasosiasi tentang sesuatu yang bergerak.

Sekarang, kita tinjau dari sisi definisinya. Beragam buku bisnis dan manajemen sudah membahas tentang keduanya.  Namun demikian, ada sebuah definisi yang menggelitik perhatian penulis.  Dikatakan bahwa leadership adalah tindakan yang dilakukan untuk mendapatkan keinginan para pengikut agar melakukan serangkaian aktivitas pada saat situasi belum jelas atau belum dapat didefinisikan dengan baik.

Dalam definisi ini terkandung beberapa “sifat” yang wajib dimiliki oleh seorang pemimpin (leader) diantaranya konsisten bertindak bahkan di masa sulit alias walk the talk, visioner (mampu melihat ke depan walaupun belum jelas dan belum didefinisikan dengan baik), dan bersemangat dalam bertindak (have passion).

Kita kembali lagi pada hasil riset di atas.  Sebuah pertentangan kita temukan.  Di satu sisi, dalam benak kita ternyata terbentuk persepsi bahwa leadership tergolong benda sedang leading menunjukkan aktivitas yang dilakukan.  Di sisi lain, dari beragam definisi yang ada – terutama jika kita gunakan definisi di atas, tampak jelas bahwa kata leadership mengacu pada tindakan aktif yang dilakukan oleh sang pemimpin.  Lalu, mana yang benar?  Mana yang lebih dapat diterima dengan akal dan nurani kita?

Mari ikuti ilustrasi di bawah ini.  Sebutlah kita mempunyai sepuluh calon pemimpin.  Lima diantaranya memiliki sifat visioner.  Lima lainnya memiliki semangat yang luar biasa.  Namun demikian, diantara lima yang visioner terdapat seorang yang terbukti dari kesehariannya bertindak sesuai dengan apa yang diucapkannya (walk the talk).  Yang mana yang para pembaca pilih?

Dengan mengabaikan latar belakang budaya yang melekat pada diri kita masing-masing, penulis yakin sebagian besar pembaca akan memilih seorang yang jelas visioner dan walk the talk.  Mengapa? Karena siapa pun pasti mampu bermimpi, namun sedikit diantara kita yang mampu merealisasikannya dengan baik, bahkan untuk melakukan langkah awal menuju mimpi tersebut.

Jadi, jika di dalam benak kita masih jauh tertanam asosiasi leadership adalah benda dan leading adalah sifat, segeralah program ulang benak kita.  Lakukan transformasi diri dengan segera.  Awali dengan memahami betul makna leadership sebagai tindakan aktif yang dilakukan bahkan di masa sulit.

*Tulisan ini dimuat di majalah Pelangi, Oktober 2005

Diah Tuhfat blogDiah Tuhfat Yoshida, Konsultan Manajemen Strategis – PPM Consulting (2003-2008)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s