Arti Penting Sertifikasi New Product Development di Indonesia

steve jobs with iPodPada suatu pertemuan Steve Jobs pernah bertanya kepada sejumlah karyawan Apple Inc., ”Perusahaan apa yang memberikan edukasi paling besar di dunia?” ternyata hanya dua orang karyawannya yang menjawabnya dengan benar, yaitu “Apple”.

Apple adalah salah satu perusahaan supplier teknologi terbesar di dunia yang memproduksi komputer untuk mengedukasi komunitas global. Apple mencatat lebih dari 65 persen komputer yang mereka buat digunakan oleh para guru se-antero jagat.

Setelah itu Steve Jobs menambahkan bahwa jika orang-orang di perusahaan Apple tidak mengenali dan mengapresiasi para pelangganya, maka adalah sesuatu hal yang mustahil untuk dapat menciptakan produk baru yang dapat memenuhi keinginan mereka.

Apple dikenal sebagai perusahaan IT terbesar di dunia yang melakukan inovasi secara besar-besaran dan terencana. Sebagai contoh pada tahun 2001 Apple memperkenalkan produk iPod versi pertama yang mampu menyimpan lebih dari 1.000 lagu dalam satu model sebesar telepon genggam  yang bisa masuk saku.

Apple mampu menjelaskan bagaimana lompatan kuantum ini terjadi, khususnya dalam hal mendengarkan musik secara lebih nyaman, dan menjelaskan bagaimana sistem penyimpanan data ini dapat masuk dalam satu set peralatan yang dapat di muat dalam saku.

Dalam pertemuan berikutnya Steve jobs menjelaskan pentingnya FireWire, mendemonstrasikan bagaimana fungsi iPod  sebagai solusi  dari masalah lambatnya proses transfer lagu. Apple telah mengembangkan produk FireWire sejak tahun 1990-an dengan metoda pengiriman data digital pada perangkat komputer.

Cerita di atas merupakan bagian dari sepenggal siklus produksi yang dikembangkan melalui inovasi yang dimulai dengan adanya keinginan untuk melayani pelanggan. Perubahan teknologi yang kian cepat merupakan pendorong bagi perusahaan untuk selalu berinovasi dalam pengembangan produk baru yang kita kenal dengan istilah New Development Product (NPD). NPD menjelaskan bagaimana seharusnya perusahaan berpikir secara cerdas dan menghasilkan keputusan strategis yang mampu memenuhi keinginan pelanggan.

*Tulisan dimuat di majalah Marketing No.06/XIII/Juni 2013. h. 109.

Djoko RebowoDjoko Rebowo
Manager Certification of PDMA Indonesia
jkr@ppm-manajemen.ac.id

One thought on “Arti Penting Sertifikasi New Product Development di Indonesia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s