Ekspansi Bisnis Melalui Pengembangan Produk

caringcoloursBeberapa waktu lalu, saya berpeluang mengobrol dengan Wulan Tilaar, salah satu pemilik dan eksekutif di kelompok bisnis kosmetika Martha Tilaar Group.

Salah satu yang menjadi bahan perbincangan adalah produk kosmetika Caring Colours dan bagaimana kelompok bisnis ini terus mengembangkan bisnis dan produknya.

Salah satu cara untuk mengembangkan bisnis memang dengan mengembangkan produk. Coba saja lihat situs spesifik produk Caring Colours, caringcolours.com yang memuat aneka ragam produknya untuk mata, bibir dan wajah.

Seperti halnya bisnis kosmetika Martha Tilaar, bisnis Tudung Putra Putri Jaya (Tudung Group) pada awalnya memang hanya memiliki satu macam produk. Misalnya kacang goreng yang menjadi salah satu produk unggulan Garuda Food (Tudung Group).

Pada tahun 1979 kacang goreng diproduksi dan dipasarkan oleh pendirinya. Tahun 1987 baru diberi merek Garuda. Masih seputar kacang, lalu ada produk kacang kulit goreng Garuda rasa bawang. Selanjutnya dari ‘keluarga’ produk kacang ini muncul kacang berlapis (coated peanut) model kacang atom dengan rasa bawang, rasa pedas dan seterusnya.

Kalau dilihat dari pengembangannya, upaya ekspansi bisnis melalui pengembangan produk dilakukan secara internal dengan memperhatikan keunggulan yang sudah dimiliki. Misalnya unggul di produk kacang seperti kacang Garuda atau unggul di produk teh, seperti teh Sosro.

Pengembangan produk dipicu antara lain oleh keinginan melengkapi ‘keluarga’ produknya. Misalnya, selain memberikan kosmetika untuk bibir, Caring Colours juga ada untuk bibir dan wajah. Selain itu, untuk bibir ada pemulas bibir yang berfungsi melembabkan, berfungsi memberikan kesan glamour, berfungsi menyehatkan, dan lain sebagainya. Sementara keluarga ini terus berkembang, perusahaan pun kemudian ekspansi dengan memasuki pasar-pasar baru (geografis) dan segmen-segmen baru (demografis).

Ningky Risfan Munir blogDr. Ningky Sasanti Munir,
Staf Profesional PPM Manajemen
NKY@ppm-manajemen.ac.id

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s