Unit Kerja SDM: You Are Not Walking Alone

youre not walking alonePenggunaan kompetensi merupakan suatu cara pandang dalam mengimplementasikan pengelolaan SDM di sebuah perusahaan yang disebut sebagai Manajemen Sumber Daya Manusia Berbasis Kompetensi (MSDM-BK). Apakah kompetensi itu?

Kompetensi merupakan kombinasi antara pengetahuan, keterampilan dan sikap kerja yang muncul dalam bentuk perilaku yang membantu seorang individu untuk menghasilkan kinerja yang superior.

Jadi, kompetensi tidak hanya memandang aspek pengetahuan dan keterampilan yang masuk kategori ‘hard competency’, tetapi juga melihat aspek yang lebih dalam dari seorang individu, yaitu sikap kerja yang dilandasi motivasi diri, konsep diri dan kepercayaan dalam menjalankan pekerjaannya. Didukung oleh pengetahuan dan keterampilan yang sesuai, maka akan muncul perilaku yang menghasilkan kinerja yang luar biasa.

Bila perusahaan sudah memutuskan akan menerapkan MSDM-BK, semua sepakat bahwa unit kerja SDM-lah yang bertanggung jawab untuk menjalankan semua sistem tersebut, mulai dari membangun model kompetensi dan menggunakannya sebagai dasar dalam pengelolaan SDMnya (merekrut dan menyeleksi, mengembangkannya, menilai kinerjanya serta memberikan imbal jasanya).

Salah satu peran yang harus dijalankan oleh Unit Kerja SDM adalah sebagai Strategic Partner, yaitu mampu menerjemahkan dan merancang sistem pengelolaan SDM yang dapat mendukung perusahaan mewujudkan visi misi dan rencana jangka panjang perusahaan. Sebagai strategic partner, Unit Kerja SDM memerlukan sparing partner pada tingkat yang strategis pula. Sparing partner tersebut tak lain adalah Manajemen Puncak.

Dari kajian atas riset kualitatif yang pernah dilakukan, serta observasi selama kegiatan konsultansi yang dilakukan di beberapa perusahaan, peran aktif Manajemen Puncak ternyata cukup menjadi faktor kritikal bagi pelaksanaan dan keberlangsungan implementasi MSDM-BK. Tanpa ada dukungan konkrit dari Manajemen Puncak, MSDM-BK hanya berhenti pada tataran dokumen yang menghuni lemari arsip perusahaan.

Peran Manajemen Puncak dalam implementasi MSDM-BK di perusahaan yang pertama adalah dalam merumuskan ‘model SDM seperti apa’ yang dibutuhkan perusahaan untuk mewujudkan visi misi dan rencana jangka panjangnya. Hal ini menjadi penting, karena akan berpengaruh dalam rancangan keseluruhan sistem pengelolaan SDM yang akan digunakan.

Contoh, model SDM yang diinginkan adalah yang inovatif dan berinisiatif tinggi, karena visi misi dan rencana panjang perusahaan adalah menjadi yang terdepan melalui produk dan jasa baru dalam industrinya. Untuk itu, Unit Kerja SDM harus merancang sistem rekrutmen dan seleksi yang sesuai serta strategi dan metode pengembangan yang tepat agar diperoleh model SDM tersebut.

Dalam hal kinerja, maka fokus kinerja yang dinilai adalah aspek kemampuan dalam berinovasi dan berinisiatif tinggi, sehingga bobot untuk kedua aspek ini ditetapkan tinggi. Hal yang sama juga berlaku untuk rancangan sistem imbal jasanya. Pemikiran sederhananya adalah karyawan yang terbukti memiliki kedua aspek tersebut, akan memperoleh imbal jasa yang lebih tinggi dibandingkan dengan karyawan yang belum menunjukkan inovasi dan inisiatif.

Merumuskan ‘model SDM seperti apa’ merupakan salah satu contoh keputusan stratejik yang diambil Manajemen Puncak sebagai bukti peran aktifnya dalam hal implementasi MSDM-BK yang terintegrasi.

Setelah Unit Kerja SDM dan Manajemen Puncak, siapa lagi yang harus terlibat dalam implementasi MSDM-BK? Siapa lagi kalau bukan para manajer lini atau para manajer di seluruh unit kerja (termasuk Manajer unit kerja SDM). Mengapa mereka harus terlibat? Ya, karena pada dasarnya semua manajer lini terlibat dalam setiap sistem pengelolaan SDM di unit kerjanya.

So, Unit Kerja SDM, You Are Not Walking Alone, Top Management and Line Managers are with you. It should be.

*Tulisan dimuat pada majalah Business Review, Edisi 11 Tahun 13, Maret 2015.

Rachmi Endras blogRachmi Endras
Core Consultant PPM Manajemen
AMI@ppm-manajemen.ac.id

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s