Mengelola Sang Gen Y Bertalenta

ztd img mei 2015Memasuki pertengahan dekade kedua di millennium ini, banyak perusahaan yang sudah mulai meramalkan apa yang akan terjadi pada tahun 2020 keatas. Peramalan ini bertujuan untuk mempersiapkan langkah dan strategi yang harus diambil perusahaan untuk dapat terus bertahan dalam posisi bisnis yang diharapkan.

Salah satu indikasi yang membuat perusahaan harus bergerak cepat bisa dilihat dari pola para karyawan yang saat ini dipekerjakan adalah dari kelompok Generasi Y (Gen Y). Hal ini bisa dibilang cukup fenomenal karena tidak sedikit yang melakukannya, baik dari perusahaan kecil, menengah, besar, swasta maupun lembaga pemerintah.

Ada banyak istilah yang digunakan untuk menyebut Gen Y ini, contohnya Echo Boomers, Millenials, Internet Generation, serta Nexters (Eisner, 2005). Sebenarnya apakah yang unik dari mereka? mengapa menjadi “momok” bagi bisnis secara umum, baik di Indonesia maupun skala internasional.

Memang ada beberapa ciri dari Gen Y ini dibandingkan dengan generasi sebelumnya, misalnya terkait pemakaian teknologi, kebutuhan untuk hidup yang lebih seimbang (work life balance), lebih berambisi, dan menginginkan pekerjaan yang bermakna/ bernilai serta memperoleh pengalaman juga proses pembelajaran yang bermakna.

Tidak sedikit karyawan dari generasi ini cepat mengambil keputusan untuk pindah ke perusahaan lain bila ada satu atau beberapa hal di atas tidak terpenuhi. Berbeda dengan generasi sebelumnya yang menganggap bekerja adalah dedikasi penuh hingga masa pensiun. Hal-hal tersebut di atas membuat generasi ini menjadi terkesan istimewa dan harus diperlakukan berbeda dengan generasi lainnya.

Kondisi yang cukup signifikan perubahannya dalam dunia kerja ini membutuhkan suatu sistem terintegrasi untuk memastikan perusahaan dapat terus berjalan walaupun perputaran karyawan lebih cepat dari sebelumnya. Sistem pengelolaan manajemen sumber daya manusia yang harus dimiliki perusahaan salah satunya adalah manajemen talenta.

Adapun manajemen talenta sendiri adalah proses, program, dan norma-norma budaya di organisasi yang terintegrasi dalam disain organisasi yang kemudian diimplementasikan untuk menentukan, menemukan, mengembangkan, dan mengelola serta mempertahankan karyawan bertalenta dalam usaha untuk mencapai sasaran strategis dan kebutuhan bisnis masa depan.

Dengan adanya manajemen talenta ini maka langkah dalam melakukan penemuan karyawan bertalenta, asesmen, kemudian pengembangan, pengelompokan karyawan bertalenta (talent pool) serta program-program retensinya akan lebih terintegrasi.

Mengelola talenta di perusahaan dapat diumpamakan seperti menyusun kepingan puzzle untuk membentuk suatu gambar yang indah dan bermakna. Setiap keping mempunyai bentuk dan keindahan masing-masing yang berguna untuk melengkapi kepingan lainnya, begitu juga dengan karyawan di perusahaan.

Salah satu ciri khas dari implementasi manajemen talenta di perusahaan ini adalah adanya pengakuan berbasis kekuatan (strength based). Program pengembangan dan pengelolaan karyawan didasarkan atas kekuatan/ keahlian sehingga hasil yang didapatkan pun lebih optimal.

Dengan diimplementasikannya manajemen talenta secara menyeluruh dan optimal maka diharapkan akan lebih sesuai dengan kebutuhan para Gen Y. Dari aspek pengakuan keahlian telah dilakukan, mulai dari seleksi talenta hingga penerimaan. Kemudian program pengembangannya pun terintegrasi dan dapat memenuhi ambisi mereka untuk karir yang cepat dan jelas.

Program retensinya pun akan lebih mudah dikenali, karena sudah terlihat jelas kebutuhan para Gen Y ini untuk mendapatkan penghargaan yang bisa mendukung kekiniannya pada teknologi serta gaya hidup yang seimbang.

Jika turn over karyawan menjadi lebih cepat pun tidak membuat khawatir perusahaan, karena telah memiliki kelompok karyawan bertalenta (talent pool), dan itu dapat terus memastikan dan menjamin bisnis perusahaan akan terus berjalan.

*Tulisan dimuat majalah Business Review Edisi 2 Tahun 14, Mei 2015. Hlm 74.

zusty dewayani blogZusty Dewayani, S.Psi,M.M.
Consultant Divisi PPM Consulting
ZTD@ppm-manajemen.ac.id

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s