Kompetitor, Musuh atau Mitra?

BUMN Insight online Kompetitor“Situasi saat ini mengharuskan organisasi melakukan inovasi. Jika tidak, jangan harap bisa menang bersaing, bertahan saja pun akan sulit.”

Pernyataan itu acapkali dilontarkan oleh berbagai pihak, dari mulai akademisi hingga praktisi. Pertumbuhan ekonomi dunia yang saat ini sedang melambat, membuat kondisi persaingan menjadi sangat kompetitif. Hal tersebut menuntut perusahaan harus bekerja ekstra keras untuk memenangkan persaingan.

Berbagai strategi disusun oleh perusahaan, salah satunya adalah strategi pemasaran yang bertujuan untuk menarik target pasar sehingga konsumen mau membeli produk yang dijual. Bicara strategi pemasaran, maka yang banyak dilakukan oleh perusahaan adalah melakukan promosi baik offline maupun online, memberikan potongan harga hingga memberikan pelayanan yang memuaskan kepada pelanggan.

Dalam kondisi sekarang yang bisa dibilang serba sulit (dalam hal memasarkan), karena beberapa strategi pemasaran tersebut juga dilakukan oleh kompetitor, maka strategi pemasaran demikian tersebut di atas sudah tidak bisa lagi menjawab permasalahan bagaimana memenangkan persaingan. Maka dari itu perlu strategi pemasaran dengan terobosan baru atau dengan kata lain adalah perlunya inovasi pemasaran sehingga perusahaan memiliki competitive advantage yang dapat ditawarkan kepada target pasarnya.

Berdasarkan OECD (Organization for Economic Co-operation and Development), Inovasi pemasaran adalah suatu metode pemasaran yang baru, mencakup perubahan yang signifikan pada disain atau kemasan produk, penempatan, promosi, maupun penentuan harga produk. Inovasi tersebut tidak termasuk perubahan rutin, regular, atau musiman atas metode pemasaran yang ada.

Berdasarkan hasil penelitian “The Impact of Collaboration on the Success of Marketing Innovation among Companies in Indonesia” (Hidayati. A. et all, 2014) dengan 208 responden dari perusahaan-perusahaan di Indonesia yang terdiri dari 41 sektor industri dengan prosentase terbesar yaitu 13,5% berasal dari sektor jasa keuangan dan akuntansi, 78% responden adalah wakil perusahaan yang berada di level manajerial (manajer muda ke atas), dan 59% responden memiliki masa kerja lebih dari 5 tahun.

Data dari atas menunjukkan, bahwa inovasi pemasaran dapat terjadi manakala perusahaan melibatkan konsumen atau pelanggan, dan kompetitor dalam industri, serta internal perusahaan sendiri (lintas fungsional) sebagai mitra kerjasama dalam melakukan inovasi pemasaran. Dengan demikian strategi pemasaran dengan terobosan baru dapat tercipta melalui kolaborasi tiga unsur diatas.

Yang selama ini dilakukan oleh kebanyakan perusahaan adalah kolaborasi pada internal perusahaan saja. Sedangkan kolaborasi dengan pihak eksternal dalam hal ini kxompetitor, justru sebaliknya. Kompetitor dihindari karena dianggap musuh yang harus diserang bahkan jika bisa dilumpuhkan saja agar perusahaan dapat menjadi pemimpin pasar. Pemikiran seperti itu sudah saatnya harus diubah jika perusahaan ingin berhasil melakukan inovasi pemasaran.

Banyak contoh perusahaan-perusahaan kelas dunia yang menjadikan kompetitor sebagai mitra dalam inovasi pemasaran, diantaranya Apple, IBM, Motorola, Sony, Samsung , General Motor dan Toyota. Perusahaan tersebut berkolaborasi dengan kompetitornya dalam inovasi pemasaran terutama dalam hal pengembangan produk baru. Perusahaan di Indonesia yang berkolaborasi dengan kompetitornya sehingga menciptakan inovasi pemasaran  masih sangat jarang ditemui.

Jika pun ada, hanya sebatas kerjasama berbagi sumberdaya dan digunakan bersama untuk peningkatan pelayanan kepada pelanggannya. Sebagai contoh adalah XL Axiata, salah satu perusahaan besar telekomunikasi di Indonesia ini bekerjasama dengan kompetitornya dalam hal berbagi tower. Dapat disimpulkan bahwa sampai saat ini kolaborasi dengan kompetitor masih merupakan tantangan besar bagi sebagian perusahaan di Indonesia terutama dalam hal menciptakan inovasi pemasaran.

*Tulisan dimuat BUMN Insight online, 18 September 2015.

CHM crpCiu Heny Meiria, M.M. 
Core Trainer, Jasa Pengembangan Eksekutif PPM Manajemen
CHM@ppm-manajemen.ac.id

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s