4 Kiat Membangun Blog dengan Optimasi SEO

optimasi-blogNasib blog berkualitas namun tidak ada pengunjungnya layaknya harta karun yang tak kunjung ditemukan. Kondisi persaingan dalam dunia online yang semakin kompetitif membuat para blogger tidak hanya dituntut untuk ahli menulis tapi juga wajib jago teknik SEO.

Mungkin sebagian dari Anda bertanya. “Lho Mas Rahadi, Apa hubungannya blog dengan SEO? Lalu kenapa juga harus membahas mengenai blog?”

Terima kasih atas pertanyaan yang sungguh luar biasa, membuat penulis semakin bersemangat untuk berbagi. Namun sebelum pertanyaan tersebut terjawab, penulis ingin bertanya, seberapa mudah blog atau website Anda dapat muncul pada mesin pencari Google? Apakah Anda yakin artikel online Anda dibaca oleh banyak netizen?

Banyak orang yang terjun ke dunia blogging, menjadikan kegiatan menulis hanya karena ingin menuangkan suatu informasi, ide, ataupun gagasan tanpa adanya strategi bagaimana tulisan tersebut mampu menjaring banyak pengunjung. Jangan sampai blog yang mempunyai banyak tulisan berkualitas dan bermanfaat itu sulit untuk dicari oleh para netizen.

Apa akibatnya? Tentunya pekerjaan Anda tidak akan efektif, sudah capek-capek menulis namun tidak ada yang membaca sehingga pada akhirnya tulisan Anda layaknya harta karun yang tak pernah ditemukan oleh siapapun, berdebu, usang dan akhirnya musnah karena sudah tertinggal oleh perkembangan zaman. Mengapa hal itu bisa terjadi? Salah satu alasannya adalah karena blog Anda tidak bersahabat dengan Google alias tak melakukan teknik SEO (Search Engine Optimization).

Mengapa blog? Jika dilihat dari perkembangan jumlah blogger di Indonesia dari tahun ke tahun, jumlahnya mengalami perkembangan yang sangat pesat. Bahkan puncaknya terjadi pada bulan Mei 2011, telah dideklarasikan ASEAN Blogger Community yang bertujuan sebagai wadah blogger ASEAN untuk saling berbagi informasi, diskusi dan saling menyalurkan aspirasi terkait hal yang berhubungan dengan 3 pilar diantaranya politik keamanan, ekonomi dan sosial budaya yang terjadi di ASEAN.

Terlebih jika blog Anda merupakan ‘tempat’ jualan atau usaha dan tidak sekadar buku harian semata. Oleh karena itu, menjadikan blog Anda menjadi rujukan para netizen, diyakini menjadi hal yang sangat krusial bagi keberlangsungan usaha Anda.

Lalu bagaimana memaksimalkan peran blog dengan teknik SEO?

Prinsip pertama: Melakukan riset kata kunci

Salah satu aspek penting sebelum Anda memulai kegiatan menulis adalah pemilihan nama produk, perusahaan, artikel atau entitas lainnya yang dapat dengan mudah ditemukan pada mesin pencari.

Riset kata kunci merupakan teknik mencari tahu kata kunci apa yang biasa diketik oleh orang-orang ketika mencari sesuatu di mesin pencari. Misalkan Anda mempunyai bisnis menjual madu penggemuk badan. Anda sebagai penjual produk madu penggemuk badan perlu tahu, kira-kira kata kunci apa yang akan diketik orang ketika ingin mencari obat atau sesuatu yang dapat menggemukkan badan pada mesin pencari?

Selain berfungsi untuk mengetahui kata kunci apa saja yang biasa digunakan oleh pengguna mesin pencari, riset kata kunci juga berguna untuk menentukan kata kunci apa yang harus dibidik agar mampu mendapatkan banyak pengunjung blog atau website dari mesin pencari.

Prinsip kedua: memahami 3 proses kerja Google Search Engine.

Karena pada dasarnya tidak hanya wanita yang ingin dimengerti seperti judul lagu Ada Band, tetapi Google-pun juga ingin dimengerti. 3 kunci proses kerja Google diantaranya perayapan (Crawling), pengindeks-an (Indexing), menyajikan hasil pencarian (Serving/Delivering).

Singkat kata pada 3 proses ini mesin pencari google menyaring segala sesuatu informasi yang relevan dengan keyword yang dicari. Informasi yang relevan diproses oleh google tidak hanya dari struktur yang ada di halaman website seperti a (link), head, body, meta, tittle, img (gambar) dll, tetapi juga dari atribut-atribut seperti alt, rel, href bahkan CSS dan javascript. Oleh karena itu komponen-komponen tersebut haruslah mengandung kata kunci yang telah ditentukan.

Prinsip ketiga: Fokus pada penciptaan dan penyajian konten yang berkualitas

Tidak bisa ditampik bahwa tampilan dan struktur navigasi pada suatu blog adalah hal penting; warna, logo, bentuk huruf dan desain yang baik membuat situs terlihat lebih menarik. Hal lain adalah teknologi yang tepat seperti sistem manajemen konten membuat situs lebih mudah untuk diperbaharui. Namun, yang jauh lebih penting adalah konten, bagaimana konten tersebut diorganisir dan bagaimana konten mampu mempengaruhi para pembaca untuk melakukan tindakan.

Oleh karena itu, blog terbaik berfokus pada konten untuk menarik pembaca, pembeli, pasar, media dan produk mereka ke satu tempat komprehensif yang tidak hanya menjadikan konten sebagai ‘Raja’ tetapi juga sebagai ‘Presiden’ ataupun seorang ‘Kaisar’.

Dengan sebuah cara yang komprehensif, konsisten dan menarik, situs blog yang kaya konten akan menciptakan ciri khas online organisasi Anda dalam menyenangkan, menghibur dan yang terpenting mampu menginspirasi kepada setiap pengunjung situs blog Anda.

Prinsip keempat: Penyebaran konten secara luas dan tepat dengan berburu backlink

Agar semakin luas dampak dari konten suatu blog maka konten tersebut harus bisa diakses oleh oleh banyak orang. Baik dari sisi kuantitas penyebaran konten maupun kualitas media yang tepat, diyakini menjadi strategi yang tidak bisa dipisahkan satu sama lain.

Ada banyak media online yang bisa digunakan oleh blogger dengan memanfaatkan situs social bookmark seperti http://www.lintas.me, situs promosi blog seperti http://www.log.viva.co.id dan http://www.indonesia-blogger.com, situs social media seperti Twitter, Youtube, Facebook dll. Optimalkan berbagai media online yang tersedia. Gunakan media tersebut tidak hanya untuk menjadi sumber backlink tetapi juga menjadi sarana distribusi konten terbaik dari blog Anda.

Secara garis besar, SEO harus dipadukan dengan kekuatan isi tulisan. Ketika isi tulisan yang berkualitas tinggi didukung oleh SEO yang handal, ketika itu juga kesuksesan blog atau website Anda akan bersinar terang benderang. Lampu keberhasilan Anda sebagai blogger akan memberi cahaya tersendiri pada dunia online. SEO dan isi adalah dua kekuatan besar yang harus disinergikan agar mampu menjadi blogger yang berkompeten dan bermanfaat bagi khalayak banyak.

Selamat ngeblog!

*Tulisan dimuat SWA online, 7 Oktober 2015.

RCY blogRahadi Catur Yuwono, M.M.
Internet Marketing Expertise, Executive Development Service PPM Manajemen
RCY@ppm-manajemen.ac.id

 

2 thoughts on “4 Kiat Membangun Blog dengan Optimasi SEO

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s