Human Resources Planning, Tanggung Jawab Siapa?

HRplanning rszOrganisasi dan manusia merupakan sebuah kesatuan yang tidak mungkin dipisahkan. Layaknya sepasang kekasih, organisasi dan sumberdaya manusia selalu ‘nempel kaya perangko’.

Mengapa organisasi tidak dapat dipisahkan dari manusia? Tentu kita sudah tahu jawabannya. Ya, hal itu dikarenakan organisasi merupakan sekumpulan manusia yang berusaha bersama-sama  dalam mencapai tujuan yang sama.

Organisasi akan berjalan dengan baik apabila ditunjang dengan sistem yang baik pula dalam kelengkapannya. Karena manusia merupakan jantung dari sebuah organisasi, maka perencanaan dan pengelolaan SDM pun menjadi hal yang kritis dan perlu untuk diperhatikan dengan seksama.

Human Resources Planning atau lebih dikenal dengan perencanaan sumberdaya manusia (SDM) merupakan proses yang digunakan organisasi untuk menganalisis kondisi personelnya saat ini dan mengantisipasi kebutuhan keahlian personel di masa depan (Aprinto dan Jacob, 2013). Tujuan dari dilakukannya perencanaan SDM adalah untuk menyediakan keberlanjutan pengelolaan keseluruhan proses bisnis yang efisien dan mengoptimumkan penggunaan SDM itu sendiri.

Meskipun pemanfaatan optimum dari manusia sangat dipengaruhi oleh budaya organisasi dan perusahaan, perencanaan SDM sejatinya sangat concern terhadap jalannya aktivitas bisnis suatu organisasi, sehingga aktivitas perencanaan SDM ini bukanlah sebuah aktivitas yang berdiri sendiri namun harus menjadi bagian dari perencanaan proses bisnis tersebut (McBeath, 1992).

Sekarang, mari kita turun dan melihat ke lapangan. Fakta yang sering terjadi bahwa aktivitas perencanaan SDM adalah tanggung jawab dari departemen/divisi SDM semata, pun jika kita tinjau berdasarkan fungsi dari pekerjaannya, ya memang perencanaan SDM adalah tanggung jawab dari divisi SDM itu. Akan tetapi dalam proses pembuatan perencanaan, seyogyanya semua pihak yang berada pada jajaran manajerial pasti akan terlibat dan bertanggung jawab dalam proses perencanaan SDM.

Sering terjadi bias pemahaman mengenai perencanaan SDM di dalam sebuah organisasi. Banyak organisasi melakukan perencanaan SDM hanya sebatas pada pemenuhan personel jangka pendek saja berdasarkan standar kebutuhan setiap departemen atau divisi. Padahal, sebuah organisasi bisnis tentu saja menginginkan keberlangsungan organisasinya dalam jangka panjang.

Nah, berangkat dari fenomena inilah dibutuhkan kesadaran dari setiap bagian organisasi, pimpinan puncak organisasi, manajer tingkat menengah, manajer lini, departemen SDM, departemen produksi, pemasaran, dan lain sebagainya agar punya keterlibatan yang besar terhadap aktivitas perencanaan SDM. Tentu saja tetap pimpinan puncaklah yang memiliki andil terbesar dalam perencanaan jangka panjang SDM karena aktivitas ini akan berkaitan dengan strategi bisnis organisasi.

Dengan adanya semangat dan visi yang jelas akan dibawa kemana organisasi tersebut, membantu level manajerial di bawahnya untuk membuat perencanaan teknis yang jelas pula terkait dengan kebutuhan SDM mereka. Hal ini diharapkan akan meminimalkan aktivitas yang condong hanya sebatas pada pemenuhan personel saja.

Dengan perencanaan SDM yang jelas, akan berimbas pada perencanaan pengembangan manusia yang jelas pula. Tentu saja hal ini akan melibatkan proses yang cukup panjang karena secara tidak langsung organisasi bisnis memiliki komitmen untuk berkembang bersama manusia yang mereka miliki.

Jadi, siapakah yang bertanggung jawab pada perencanaan sumberdaya manusia? Sekarang Anda sudah tahu jawabnya.

*Tulisan dimuat majalah Business Review edisi 5 | Tahun 14 | September-Oktober 2015.

Titis SetyawardaniTitis Setyawardani, S.E., M.M.
Consultant PPM Consulting | PPM Manajemen
TSW@ppm-manajemen.ac.id

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s