Kerja Keras, Liburan Lepas

work n pleasureTujuan perusahaan memberikan cuti bagi pegawai/karyawan adalah dalam rangka usaha untuk menjamin kesegaran jasmani dan rohani. Namun banyak karyawan justru tidak mengambil hak cutinya karena banyaknya pekerjaan yang harus diselesaikannya dan berbagai alasan lain. Padahal, jika pekerjaan direncanakan dan dijalankan secara efektif, mestinya karyawan dapat memanfaatkan cuti dan tetap bisa produktif.

Berikut tips mengelola jadwal kerja yang efektif dan efisien.

Gunakan kalender 

Memiliki kalender atau organizer adalah langkah yang paling mendasar untuk mengelola kegiatan sehari-hari. Akan lebih baik lagi bila kalender yang ada disinkroisasikan dengan ponsel dan gawai lainnya sehingga bisa mengakses jadwal di mana pun berada.

Buat rencana harian

Rencana harian dapat memberikan gambaran yang lebih baik tentang bagaimana hari esok akan berjalan. Jika pekerjaan tidak diselesaikan sesuai rencana, kita akan mengalokasikan waktu kerja menurut apa saja yang terdapat di meja kerja.

Tetapkan deadline

Menetapkan batas waktu penyelesaian setiap pekerjaan perlu dilakukan untuk mencegah pengalokasian waktu untuk menyelesaikan pekerjaan yang lain.

Bijak menjalani pekerjaan

Jangan melakukan pekerjaan lebih dari yang dapat ditangani. Belajar untuk berani menolak dengan menggunakan cara yang bijak, tetapi tegas terhadap semua permintaan atau hal yang tidak menunjang pencapaian tujuan.

Selesaikan target lebih awal

Dengan menyelesaikan tugas lebih awal dari waktu yang sudah ditetapkan, semua pekerjaan dapat dibereskan tepat waktu

Fokus

Tutup semua aplikasi yang tidak digunakan. Jangan mencoba terlalu banyak pekerjaan dalam waktu yang bersamaan. Fokus hanya pada satu tugas utama pada satu waktu.

Jangan terlalu perfeksionis

Berusaha mendapatkan hasil yang baik berbeda dengan bermati-matian mengejar kesempurnaan. Hal yang pertama dapat dicapai dan memberi kepuasan, sementara yang kedua, sering kali tidak mungkin dicapai sehingga mengakibatkan kekecewaan dan tekanan, yang akhirnya hanya membuang-buang waktu.

Tetapkan Prioritas

Belajar untuk memprioritaskan pekerjaan yang penting dan melepaskan sisanya.

Delegasikan pekerjaan

Jika ada hal-hal yang bisa lebih baik dilakukan oleh orang lain, pertimbangkan untuk mendelegasikannya. Ini dapat membantu melonggarkan waktu dan dapat fokus pada tugas-tugas penting.

Rehat sejenak

Bekerja dengan waktu yang lama tanpa istirahat dapat mengakibatkan kebosanan dan pada akhirnya memengaruhi fisik dan mental. Rencanakan cuti dari jauh hari agar kita tidak mengorbankan kinerja dan tanggung jawab kita.

Jadi , tunggu apa lagi. Work hard play hard.

*Tulisan dimuat majalah Pajak Volume XX | 2015.

Dwi Idawati ppm manajemen rszDwi Idawati
Faculty Member PPM School of Management

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s