“Business Acumen” Bagi Pekerja Kreatif

pekerja kreatifIndustri kreatif merupakan industri yang berasaldari pemanfaatan ide kreativitas, keterampilan serta bakat individu, pengetahuan dan informasi untuk menciptakan benda ekonomis berupa barang atau jasa yang bernilai tambah, lapangan kerja, dan kesejahteraan bagi pelakunya.

Pelaku ekonomi kreatif memiliki peran yang berbeda dengan pekerja kreatif. Seorang pekerja kreatif dituntut memiliki kreativitas yang mumpuni untuk menghasilkan ide atau gagasan unik secara cepat dan bernilai tinggi. Sedangkan pelaku ekonomi kreatif selain memiliki atribut-atribut kreativitas tadi juga harus melengkapinya dengan kompetensi peran yang lebih strategis, yakni business acumen.

Kemampuan menciptakan peluang

Business acumen erat kaitannya dengan kemapuan seseorang menggunakan seluruh usaha dan daya pikirannya untuk menghasilkan keuntungan. Seorang pemimpin korporasi besar dapat saja telah memiliki kemampuan yang sangat mumupuni  dalam mengelola  oraganisasinya secara profesional. Namun demikian, bila tidak terdapat business acumen, maka organisasi  yang dipimpinnya bisa jadi tidak tanggap dalam memanfaatkan berbagi peluang yang ada, bahkan mengabaikan  kinerja profitabilitas organisasinya.

Sebaliknya, seseorang yang tidak mengenal sama sekali berbagai konsep dan praktik manajemen mungkin dapat melihat peluang dan menciptakan keuntungan dari fenomena yang terjadi di lingkungan sekelilingnya. Seseorang yang tidak memahami berbagai mata ajaran kurikulum SD, SMP, dan SMA bahkan tidak memiliki kompetensi mengajar mungkin dapat melihat peluang usaha dan profitabilitas dari fenomena persaingan yang tinggi untuk lulus ujian masuk sekolah atau perguruan tinggi ternama. Dengan business acumen yang dimilikinya, seseorang yang tidak cakap mengajar tadi dapat membuka lembaga bimbingan belajar dan mendapatkan keuntungan dari usaha yang dibukanya tersebut.

Sebagai suatu atribut kepemimpinan atau manajerial, ada syarat keterampilan dasar yang mesti dipenuhi dalam business acumen, yaitu keuangan dan akuntansi, pemasaran dan pelayanan pelanggan, serta pengelolaan sumber daya untuk usaha. Memiliki business acumen berarti seseorang tak hanya mampu memahami laporan keuangan tetapi juga menemukan potensi keuntungan dari calon pelanggannya,  cakap mengelola berbagai sumber daya yang dimiliki, dan memahami bahwa efisiensi penggunaan dan pengelolaan sumber daya di organisasi dapat berdampak pada kinerja usahanya.

Membekali pekerja kreatif

Bagi para pekerja kreatif, gagasan dan ide yang berasal dari daya kreativitas merupakan aset intelektual terbesarnya. Pilihan berada di tangan individu pekerja kreatif itu sendiri, apakah ingin tetap berkarya kreatif secara profesional tanpa menghiraukan berbagai peluang yang ada mengikuti perkembangan sosial-budaya dan teknologi, atau ingin turut berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi dengan menapaki peran baru sebagai pelaku ekonomi kreatif.

Bagi yang ingin menapaki peran baru sebagai pelaku ekonomi kreatif, maka membekali diri dengan business acumen adalah prasyarat yang tidak dapat ditawar lagi. Dan upaya membekali diri dengan Business Acumen ini bukan hanya berlaku untuk mereka yang baru berpindah dari pekerja kreatif ke pelaku ekonomi kreatif, tetapi juga yang sejak awal sudah berperan sebagai pelaku ekonomi kreatif.

Membaca adanya suatu peluang yang mungkin memberikan keuntungan, kemudian dengan daya kreativitasnya mampu menciptakan produk bernilai tambah, mengedukasi pelanggan tentang nilai tambah produk, dan pada akhirnya memetik keuntungan atas penciptaan produk kreatif tersebut merupakan suatu rantai proses dalam ekonomi kreatif. Dan proses tersebut telah dengan jelas merepresentasikan dibutuhkannya atribut business acumen

*Tulisan dimuat majalah Pajak Volume XXI | Desember 2015 hlm. 46-47.

APZAlphieza Syam, SE, M.Ak., CMA
Core Consultant and Trainer, PPM Manajemen
PZA@ppmmanajemen.ac.id

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s