Smart Nations

smartcity1Kebangkitan nasional saat ini mestinya menjadi semangat dalam perjuangan meningkatkan daya saing bangsa di zona global tanpa batas. Bagaimana tidak, pertarungan ekonomi global sudah nyata berdampak pada negara emerging market seperti Indonesia.

‘Kebangkitan nasional’ sepatutnya diaplikasikan oleh seluruh pelaku usaha dalam setiap gagasan kreatif dan tindakan perubahan. Pemerintah tak bisa jalan sendiri untuk berkompetisi tanpa dukungan masyarakat dan industri negeri ini. Tentunya optimisme adalah salah satu kekuatan yang mutlak dimiliki untuk bergerak berdaptasi di masa depan.

Terlepas peringkat daya saing Indonesia di ASEAN masih dibawah negara tetangga, seperti Singapura dan Malaysia (Global Competitiveness Report, 2015), perlu diketahui bahwa kita masih punya keunggulan demografis jauh di atas mereka. Kita memiliki populasi terbesar keempat sehingga seharusnya kita (masih) memiliki harapan untuk maju.

Salah satu penyokong utama keunggulan tersebut adalah mendayagunakan teknologi informasi dan komunikasi (ICT). Pemanfaatan dan inovasi teknologi di berbagai pilar perekonomian menjadi salah satu enabler daya saing suatu negara (Vong dan Song, 2015).

Potret Populasi Generasi Digital

Masyarakat indonesia sudah dekat dengan teknologi, tak terkecuali penggunaan smartphone dan internet. Pengguna ponsel di Indonesia mencapai 308 juta ponsel atau senilai 121% jumlah populasi Indonesia. Sedangkan, pengguna smartphone mencapai 64,7 juta pengguna atau senilai 23,4% jumlah populasi Indonesia (Mastel, 2016).

Rata-rata merupakan pengguna aktif internet. Tercatat bahwa jumlah pengguna internet mencapai 88 juta atau setara hampir 34% total populasi (APJII, Mastel, 2016). Berdasarkan data tersebut, sekitar 95% menggunakan internet untuk mengakses jejaring sosial (Kemenkominfo, 2015). Dan sekitar 80% pengguna internet adalah berusia 15-19 tahun.

Hal ini tidak terlepas dari kedekatan iGeneration atau generasi digital (generasi yang lahir antara tahun 1995-2010) dengan teknologi seperti internet dan device (ipad, tablet atau smarphone) sejak lahir. Generasi ini memiliki keunggulan seperti cakap teknologi, global mindset, akses informasi, terhubung dengan sosial, hingga menerima akan perbedaan budaya (Tulgan, 2013). Melihat proyeksi demografis Indonesia dalam 5-10 tahun kedepan (BPS, Bappenas, & UNPF, 2013), mayoritas populasi Indonesia adalah generasi yang hidup berdampingan dengan ICT.

Generasi ini memiliki orientasi memanfaatkan jejaring sosial dalam berkomunikasi, membangun hubungan dan kelompok sosial pada virtual world. Pelaku usaha harus bisa memahami dan beradaptasi dengan pasar iGeneration. Sebagaimana disampaikan Stacy Wood pada artikelnya “Generation Z as Consumers: Trends and Innovation”, generasi digital memiliki selera bertransaksi pada virtual store seperti e-marketplace karena lebih efisien dan tersedianya berbagai pilihan.

Mereka sudah terbiasa dengan inovasi sehingga menuntut pelaku usaha selalu melakukan inovasi berkelanjutan. Hal ini menuntut perusahaan harus menyiapkan berbagai konsep dan infrastruktur yang sesuai agar memenuhi standar kebutuhan dan keinginan pasar ini.

Besarnya jumlah dan potensi populasi generasi digital tak dapat dibendung. Keunggulan sebagai generasi yang dekat jejaring sosial, kreatif, kaya akan informasi, dan cakap teknologi ini harus dimanfaatkan dengan baik. Pelaku usaha harus mengantisipasi perubahan demografis dan perkembangan ICT sehingga mampu menempatkan peran penting dalam mata rantai iGeneration.

Pemanfaatan ICT pada bonus demografis-igeneration diharapkan akan memberikan dampak nyata pada pemerataan pembangunan dalam berbagai aspek ekonomi, pendidikan, dan sosial-budaya, dan pertahanan nasional. Alhasil, perusahaan akan diuntungkan dengan potensi ini, industri semakin efisien, dan bangsa kita menjadi Smart Nations.

Oleh: Yanuar Andrianto M.M. Core Faculty PPM School of Management

*Tulisan dimuat Sindo Weekly No 15 Tahun V, 13-19 Juni 2016, hlm. 98

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s